Selasa, 22 Mei 2018

Yuk, Mengenal MBTI! (Myers-Briggs Type Indicator)

"Temukan 1 Dirimu dari 16 Kepribadian di Dunia!"


Apakah kamu pernah mendengar tentang kepribadian MBTI sebelumnya?
Onigiri harap kalian sudah tidak asing mendengarnya, meskipun MBTI ini sebenarnya terasa asing bagi mayoritas penduduk Indonesia.
Nah, seperti biasa pada definisi kita serahkan pada om Wikipedia jrengg jrengg!!

Myers-Birggs Type Indicator (MBTI) adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan.

MBTI ini dipelopori oleh Carl Gustav Jung dalam bukunya yang berjudul Psychological Types (1921) yang kemudian dikembangkan teorinya oleh Katharine Cook Briggs dan anaknya yang bernama Briggs Myers sejak tahun 1940. Dan pada akhirnya teori ini terus dikembangkan oleh para analis psikologi seperti Keirsey, Beebe, dsb. (cr : lulabiunicorn)

Sebelum kalian mengenal apa saja sih 16 Kepribadian itu...
Onigiri rasa kalian harus melakukan tes MBTI nya terlebih dahulu sebelum mengenal mereka untuk menghindari terjadinya Barnum Effect pada diri kalian sendiri.
Barnum effect atau Forer effect itu simpel nya adalah kondisi psikologis dimana kalian meyakini suatu deskripsi itu ditujukkan untuk kalian padahal itu sebenarnya diakibatkan oleh penjelasan yang terlalu umum sehingga semua orang merasakannya atau karena kalian merasa kalian ingin menjadi seperti itu makanya kalian merasa seolah-olah yang dideskripsikan itu adalah kalian padahal pada faktanya bukan.

Jadi mau tes dimana kak Onigiri?

1. Ya untuk kalian yang masih awam dengan MBTI kalian bisa melakukan tes itu di >> https://mbti.anthonykusuma.com/ <<
tes ini lumayan akurat untuk tes berbasis bahasa indonesia, setidaknya menurut beberapa informasi yang Onigiri dapatkan setidaknya tes di web itu lebih akurat daripada di 16personalities.com yang terlalu umum dalam mendeskripsikan kepribadian dengan menimbang kestabilan emosi dsb.
2. Untuk kalian yang mahir berbahasa inggris atau mau repot untuk mentranslate setiap pertanyaannya pada kamus/google translate kalian bisa melakukan tes MBTI itu di web berbasis bahasa inggris dan tentu saja lebih akurat juga, meskipun agak bikin pusing juga muehehehe *plak
>> www.keys2cognition.com << nanti kalian klik pada tombol "Explore" ya nanti kalian akan menjawab sekitar 48 pertanyaan dan jawab sesuai keadaan kalian sebenarnya.

Keys2cognition adalah yang terakurat. Mengapa? Karena kalian tidak hanya mengetahui MBTI kalian saja namun kalian juga dapat mengetahui fungsi kognitif kalian yang paling dominan apa dan yang paling tidak pernah kalian pakai itu apa.
Berbicara tentang fungsi kognitif, itu akan menjurus kepada pembahasan yang setingkat lebih rumit daripada MBTI yang akan Onigiri ulas pada artikel ke depannya~ Bersiaplah! *.*)~~ *curhat sedikit Onigiri tau website ini dari teman seperjuangan MBTI/MBTI Addict dia sekelas dengan Onigiri T^T
Mulai dari sini, pastikan kalian sudah tes dan sudah mengetahui tipe kepribadian kalian ya!
Omong-omong apa tipe kepribadian kalian? Kalian bisa tulis di kolom komentar di bawah ya, Onigiri ingin tahu~~ ^o^)/
Tipe Onigiri adalah INTJ *beratnya menjadi seorang INTJ yang sering disalah pahami oleh orang lain yang berjumlah mayoritas T^T
Sudah siap dengan deskripsinya? Pingin tau banget? So, Let's Check it Out!

SPOILER ALERT!
(Pastikan sudah tes ya!)

Ya, MBTI seperti yang sudah kalian ketahui sejauh ini adalah pembelahan kepribadian manusia yang tersusun atas 4 Huruf yang merupakan kode-kode kepribadian kita.

1. EXTROVERT / INTROVERT (E/I)
Hai, kalian para Ekstrovert! Kalian adalah orang yang berfokus pada dunia Eksternal kalian atau kalian begitu memperhatikan dunia luar kalian.
Hai, kalian para Introvert! Kalian sebangsa dengan saya! *muehehehe* kalian para introvert pasti merasa lelah berada di keramaian bukan? Ya, itu karena kalian berfokus pada dunia Internal kalian atau kalian begitu fokus dengan dunia mental kalian.

2. INTUITION/SENSING (N/S)
Intuitif (N) - Mereka mengambil informasi secara primer melalui intuisi mereka serta berpikir dengan cara yang abstrak dan terkonsep.
Sensor (S) - Mereka mengambil informasi secara primer melalui lima indera mereka serta bepikir lebih linear, terus terang, dan dalam momen.

3. THINKING/FEELING (T/F)
Thinker (T) - Mereka para Thinker menilai segala hal sesuatunya dan memanfaatkan apa yang ada berdasarkan nilai guna.
Feeler (F) - Mereka para Feeler menilai segala hal sesuatunya dan mengalami sesuatu berdasarkan norma-norma personal/nilai perasaan.

4. JUDGING/PERCEIVING (J/P)
Judger (J) - Tipe J adalah seorang yang fokus pada arah dan tindakan, a.k.a seorang Perencana handal.
Perceiver (P) - Tipe P adalah seorang yang fokus pada eksplorasi, aksi, memutuskan-sambil-jalan a.k.a seorang Improviser handal.


Atau bisa disimpulkan oleh stereotip sederhana berikut ini :

Ekstrovert : Ramah
Introvert : Pendiam
Sensor : Pengumpul Fakta
Intuitif : Imajinatif
Feeler : Penyayang
Thinker : Adil
Judger : Terarah
Perceiver : Improvisasi

Tapi tetap saja, MBTI itu tidak se simple itu. Tidak bisa ditentukan hanya berdasarkan stereotip dan harus melalui tes.
Nah dari kode-kode huruf di atas, MBTI terbagi menjadi 16 kepribadian.



5 Kepribadian paling langka di dunia adalah :
1. ENTJ
2. INFJ
3. INTJ
4. INTP
5. ENTP

Sebelum mengupas satu persatu kepribadian, kalian harus mengenal apa itu yang dinamakan Fungsi Kognitif.
Karena fungsi kognitif sendiri adalah fungsi pembentuk dari setiap kepribadian.
Yang akan mengupas setiap kepribadian secara detail berdasarkan 4 fungsi pertama yang bekerja dalam personality seseorang.
Fungsi Kognitif akan Onigiri bahas dalam postingan selanjutnya~!
Semoga postingan ini menambah pemahamanmu tentang MBTI
Akhir kata, maafkanlah Onigiri bila ada kesalahan pada postingan ya
See ya in the next post, reader!! ^o^)~~


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Myers-Briggs_Type_Indicator
https://www.wattpad.com/302484260-mbti-masterpost-mbti-basic-dichotomies

Tidak ada komentar:

Posting Komentar